KLASIFIKASI
PRODUK BARU
A.
Pengertian Desain Produk
Desain produk adalah ilmu yang mempelajari cara merancang atau mendesain suatu
benda untuk kebutuhan manusia yang mengutamakan unsur estetika,ergomoni dan
fungsional dari benda yang dirancang itu sendiri serta kenyamanan bagi
penggunanya. Di bidang desain produk juga mencakup perancangan yang berhubungan
dengan benda-benda yang melekat pada tubuh manusia dan juga yang ada di sekitar
kita. Seorang desainer produk tidak hanya sekedar mengandalkan kreativitas
dalam membuat suatu bentuk yang baru, melainkan juga harus memikirkan tentang
fungsi yang memudahkan pekerjaan manusia dan juga kenyamanan agar penggunanya
tidak mengalami kecelakaan. Seorang desainer produk dibekali dengan pola pikir
untuk mencari jalan yang lebih baik dan inovatif untuk mengerjakan sesuatu.
Para desainer produk dapat bekerja diluar lingkup sebuah produk
packaging,pameran,interior dan pada beberapa kasus,dengan teknologi informasi
yang semakin berkembang menjadi kompleks. Desainer produk juga dapat bekerja
untuk menyederhanakan software yang menjalankan berbagai macam produk.
B.
Ruang lingkup Desain Produk
Ruang lingkup keilmuan desain produk meliputi rancang bangun peralatan rumah
tangga,kantor komponen arsitektural,handicraft,alat
transportasi. Para desainer produk juga dapat bekerja diluar lingkup sebuah
produk packaging. Beberapa kasus dengan zaman teknologi informasi yang
semakin berkembang menjadi kompleks. Desainer produk juga dapat bekerja menyederhanakan software yang menjalankan berbagai macam produk. Dalam
mendesain sebuah produk apapun berarti membaca sebuah pasar,kemauan mereka,kemampuan
mereka,pola pikir mereka serta banyak aspek lain yang akhirnya mesti
diterjemahkan dan diaplikasikan dalam perancangan sebuah produk.
Kunci kesuksesan sebuah produk menembus pasar adalah semua aspek desain tersebut diterima oleh pasar dengan baik,terjaga kenyamana dan keamanannya sudah sesuai dengan keinginan pasar. Kemampuan sebuah produk bertahan dalam siklus sebuah pasar ditentukan oleh bagaimana sebuah desain mampu beradaptasi akan perubahan-perubahan dalam bentuk apapun yang terjadi dalam pasar yang dimasuki produk tersebut,sehingga kemampuan tersebut menjadi nilai keberhasilan bagi produk itu sendiri.
Kunci kesuksesan sebuah produk menembus pasar adalah semua aspek desain tersebut diterima oleh pasar dengan baik,terjaga kenyamana dan keamanannya sudah sesuai dengan keinginan pasar. Kemampuan sebuah produk bertahan dalam siklus sebuah pasar ditentukan oleh bagaimana sebuah desain mampu beradaptasi akan perubahan-perubahan dalam bentuk apapun yang terjadi dalam pasar yang dimasuki produk tersebut,sehingga kemampuan tersebut menjadi nilai keberhasilan bagi produk itu sendiri.
C.
Tujuan Desain Produk
Desain produk mempunyai tujuan untuk menciptakan,mengembangkan produk baru dan
menjamin hasil produk sesuai dengan keinginan pengguna. Tujuan itu sendiri
dapat disimpulkan menjadi point point sebagai berikut :
- Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dengan mengutamakan kenyamanan bagi penggunanya.
- Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan mempunyai nilai jual yang tinggi.
- Untuk menghasilkan produk yang trend pada masanya.
- Untuk membuat produk seekonomis mungkin dalam penggunaan bahan baku biayanya dengan tanpa mengurangi nilai jual serta kualitas produk tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar