Rabu, 19 Juli 2017

Klasifikasi Produk Baru



KLASIFIKASI PRODUK BARU

A. Pengertian Desain Produk

  Desain produk adalah ilmu yang mempelajari cara merancang atau mendesain suatu benda untuk kebutuhan manusia yang mengutamakan unsur estetika,ergomoni dan fungsional dari benda yang dirancang itu sendiri serta kenyamanan bagi penggunanya. Di bidang desain produk juga mencakup perancangan yang berhubungan dengan benda-benda yang melekat pada tubuh manusia dan juga yang ada di sekitar kita. Seorang desainer produk tidak hanya sekedar mengandalkan kreativitas dalam membuat suatu bentuk yang baru, melainkan juga harus memikirkan tentang fungsi yang memudahkan pekerjaan manusia dan juga kenyamanan agar penggunanya tidak mengalami kecelakaan. Seorang desainer produk dibekali dengan pola pikir untuk mencari jalan yang lebih baik dan inovatif untuk mengerjakan sesuatu.
  Para desainer produk dapat bekerja diluar lingkup sebuah produk packaging,pameran,interior dan pada beberapa kasus,dengan teknologi informasi yang semakin berkembang menjadi kompleks. Desainer produk juga dapat bekerja untuk menyederhanakan software yang menjalankan berbagai macam produk.

B. Ruang lingkup Desain Produk

  Ruang lingkup keilmuan desain produk meliputi rancang bangun peralatan rumah tangga,kantor komponen arsitektural,handicraft,alat transportasi. Para desainer produk juga dapat bekerja diluar lingkup sebuah produk packaging. Beberapa kasus dengan zaman teknologi informasi yang semakin berkembang menjadi kompleks. Desainer produk juga dapat bekerja menyederhanakan software yang menjalankan berbagai macam produk. Dalam mendesain sebuah produk apapun berarti membaca sebuah pasar,kemauan mereka,kemampuan mereka,pola pikir mereka serta banyak aspek lain yang akhirnya mesti diterjemahkan dan diaplikasikan dalam perancangan sebuah produk.
  Kunci kesuksesan sebuah produk menembus pasar adalah semua aspek desain tersebut diterima oleh pasar dengan baik,terjaga kenyamana dan keamanannya sudah sesuai dengan keinginan pasar. Kemampuan sebuah produk bertahan dalam siklus sebuah pasar ditentukan oleh bagaimana sebuah desain mampu beradaptasi akan perubahan-perubahan dalam bentuk apapun yang terjadi dalam pasar yang dimasuki produk tersebut,sehingga kemampuan tersebut menjadi nilai keberhasilan bagi produk itu sendiri. 

C. Tujuan Desain Produk 

  Desain produk mempunyai tujuan untuk menciptakan,mengembangkan produk baru dan menjamin hasil produk sesuai dengan keinginan pengguna. Tujuan itu sendiri dapat disimpulkan menjadi point point sebagai berikut : 
  • Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dengan mengutamakan kenyamanan bagi penggunanya. 
  • Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan mempunyai nilai jual yang tinggi.
  • Untuk menghasilkan produk yang trend pada masanya.
  • Untuk membuat produk seekonomis mungkin dalam penggunaan bahan baku biayanya dengan tanpa mengurangi nilai jual serta kualitas produk tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar